Hari Pahlawan, DJA Tiupkan Semangat Peduli APBN ke Kaum Muda Yogya

21/11/2016 10:53:15

 Aries Setiadi dan Wasis Prasojo kembali lagi ke sekolah yang telah ditinggalkannya selama 10 tahun lebih. Bukan suatu kebetulan semata atau reuni alumni, tetapi untuk bertindak selaku petugas sosialisasi APBN. Ya, suatu kegiatan yang dikemas dengan DJA Menyapa dihelat di SMA N 6 Yogyakarta pada tanggal 10 November 2016, bertepatan dengan hari Pahlawan. Sekolah ini memiliki sarat prestasi diantaranya peraih Medali Emas dan Medali Perak pada OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) tahun 2015, Medali Perak International Science Project Olympiad (ISPro) tahun 2014, Medali Perunggu 22nd International Environment Project Olympiad (INEPO) tahun 2014, Juara III Toyota Eco Youth tahun 2014, Medali Emas Olimpiade Penelitian SIswa Indonesia (OPSI) tahun 2013, dan  Juara I Tingkat Nasional LKTI National Young Inventors Award LIPI tahun 2012. Tentu pengetahuan APBN akan sangat melengkapi bagi generasi yang berprestasi sehingga kian peduli bangsa negara dengan mengenal APBN. 

Bapak Eko Sunaryo bersama guru-guru pengajar ikut mendampingi peserta yang diwakili KelasXI IPS-1 dan XI IPS-2. Proses tanya jawab berlangsung cukup interaktif. Beberapa hal yang dibahas diantaranya, pertama proses penganggaran pada kementerian negara danlembaga, kedua respon pemerintah (APBN) terhadap Masyarakat Ekonomi ASEAN , ketiga, fungsi dasar APBN. keempat, solusi belanja negara yang membengkak. Kelima, solusi perekonomian yang lesu dalam keterbatasan anggaran. Kelima, penjelasan terkait utang negara dan risiko fiskalnya.

pada bagian akhir terdapat penyerahan cendera mata dari perwakilan DJA Menyapa ke SMAN 6 Yogyakarta. " Kegiatan DJA Menyapa cukup baik. beberapa klarifikasi terkait proses penyusunan APBN di luar dari materi yang terdapat dalam buku pelajaran, misalnya terkait pengesahan RAPBN menjadi APBN yang sudah berjalan pada akhir Oktober, bukan pada Januari tahun berjalan " kata Ibu Dwi Aspariningsih yang mengajar mata pelajaran ekonomi.

 

 

 

 

 

 


DJA Menyapa-APBN public information

Echelon I Ministry of Finance